Tentang

#pahlawangambut

Di dalam Peat-IMPACTS, kami memulai sebuah inisiatif yang disebut dengan #PahlawanGambut.

#PahlawanGambut adalah sebuah gerakan untuk menghimpun pengetahuan, pembelajaran, pemahaman serta berbagai ide terkait pengelolaan gambut berkelanjutan oleh para penggiat, peneliti, pelaku usaha, petani dan generasi muda di Sumatra Selatan dan Kalimantan Barat. Himpunan pengetahuan tersebut kemudian akan digunakan untuk bersama- sama memperkuat tata kelola dan kapasitas pemangku kepentingan di lahan gambut Indonesia.

Sebagai bagian dari #PahlawanGambut, kami melaksanakan Program Inkubator Peneliti Muda Gambut (IPMG), yaitu sebuah program pelatihan dan penguatan kapasitas bagi generasi muda pria dan wanita Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh ICRAF melalui Peat-IMPACTS.

#PahlawanGambut bertujuan untuk menghasilkan kader-kader muda yang mencintai lahan gambut, penuh energi, antusiasme, dan motivasi dengan ketertarikan pada isu lingkungan, penghidupan dan riset serta siap ikut serta dalam pengelolaan lahan gambut berkelanjutan. Program ini mengajak 25 wanita dan 25 pria lulusan muda dari perguruan tinggi di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat untuk bekerja selama 3-4 bulan bersama peneliti-peneliti ICRAF, petani gambut dan para penggiat gambut di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat untuk mengungkap berbagai pengetahuan, pembelajaran dan opsi intervensi untuk pengelolaan lahan gambut secara berkelanjutan.

Harapannya, semua pihak dapat berkontribusi secara aktif kedalam kegiatan terkait restorasi, pelaksanaan berbagai jasa lingkungan, pengembangan paludikultur yang cocok di lahan gambut dan pendekatan khusus untuk meningkatkan fungsi gambut bagi masyarakat Sumatra Selatan, Indonesia dan untuk kita semua.